January 22, 2022
izin usaha ukm

Perlukah UKM Memiliki Izin Usaha?

Eksekutor Upaya Micro serta Kecil Menengah (UMKM) sering meniadakan hal pembuatan izin buat upaya yang mereka lakoni. Faktanya, sebab malas, sulit atau ketidakpahaman mereka terkait bagaimana sebaiknya mengatur ijin upaya. Walaupun sebenarnya, ijin upaya paling penting buat mereka sendiri ataupun buat pemerintahan yang dapat mengenali dengan cara tepat berapakah jumlah eksekutor UKM di satu lokasi.

Sebetulnya, sejak mulai terdapatnya Ketetapan Presiden Nomor 98 tahun 2014 terkait ‎Perizinan buat Upaya Micro Kecil serta Menengah, proses hal pembuatan izin upaya buat eksekutor UMKM udah dimudahkan. Pemerintahan menanggung kalau proses hal pembuatan izin bakal keluar dalam 1 hari seusai file masuk di kecamatan.

Cepatnya proses ijin upaya itu terlihat belum seluruhnya sukses merengkuh eksekutor UMKM buat mengatur ijin upaya mereka. Data yang dilansir dari Kompas.com di 19 November 2017 menuturkan kalau 60 prosen UMKM di Indonesia belum punya ijin.

Kegunaan Punya Ijin Buat Eksekutor UMKM

iumk online

Punya ijin sah buat eksekutor UMKM punya beberapa kegunaan selaku berikut;

1. Mendapatkan otoritas dari pemerintahan

Dengan membikin ijin upaya, itu berarti upaya kamu udah tercatat di database pemerintahan di dalam perihal ini Kementerian Koperasi serta Upaya Kecil Menengah. Kemudian, kamu punya hak mendapat beberapa akses pendanaan serta arahan dari pemerintahan.

2. Akses pendanaan lebih ringan

Saat proses peningkatan usaha, suatu upaya jelas butuh modal tambahan buat memajukan perkembangan upayanya. Pemecahan yang kerap diambil ialah utang dari bank. Apabila kamu udah punya ijin upaya awal mulanya, ini bakal meringankan kamu dalam mendapat akses pembiyaan dari bank. Ini sebab faksi bank kebanyakan cuma pengin berikan utang yang jelas sudah identitasnya.

3. Akses mendapat pengiringan upaya dari pemerintahan

Pemerintahan kerap melaksanakan program pengiringan upaya buat banyak eksekutor UMKM. Pengiringan itu dapat berwujud seminar, workshop, atau pengarahan langsung ke tempat. Apabila upaya kamu udah mendapat ijin, tentu program sesuai ini bakal dikerjakan pertamanya kali buat pengusaha yang udah memiliki izin.

4. Akses peroleh kontribusi pemanfaatan dari pemerintahan

Tidak hanya pengiringan, ada sejumlah program kontribusi pemanfaatan dari pemerintahan yang dilakukan tiap-tiap tahun. Kembali, apabila kamu udah mendapat ijin upaya, pastinya tak sukar buat mendapatnya. Itulah sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memiliki izin usaha. Jangan khawatir dengan prosesnya yang ribet karena sekarang, membuka izin usaha bisa dilakukan dengan iumk online sehingga lebih mudah.