December 4, 2022

Pertimbangkan Software Point of Sale untuk Bisnis, Simak Perbedaannya dari Mesin Kasir!

Sistem manajemen penjualan menjadi salah satu aspek yang tidak dapat ditinggalkan oleh bisnis, khususnya perusahaan ritel, toko, dan restoran. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan mesin kasir ataupun software point of sale (POS). Menuju digitalisasi, POS sangat direkomendasikan. Apa perbedaannya dari mesin kasir tradisional ? Yuk simak penjelasannya berikut.

Perbedaan Mesin Kasir dan POS

1. Pengertian

Berbicara mengenai mesin kasir, anda mungkin sudah tidak asing. Mesin kasir ini adalah alat elektronik yang tidak terkomputerisasi, dengan fungsi utama yaitu mengumpulkan uang tunai dan merekam penjualan. Mesin ini bekerja secara manual, jadi karyawan harus memasukkan data satu persatu untuk setiap transaksi di toko.

Berbeda dari mesin kasir, software POS adalah sistem yang terkomputerisasi dengan memanfaatkan kombinasi antara perangkat lunak dan perangkat keras. Fungsinya tidak hanya merekam penjualan, namun menawarkan kemudahan proses pengelolaan penjualan dengan berbagai macam fitur lengkap dan canggih. Jadi kontrol data dan lain sebagainya tidak perlu dilakukan secara manual.

2. Fitur

Karena merupakan dua sistem yang berbeda, tentu fitur yang ditawarkan software point of sale juga tidak sama dengan mesin kasir. Untuk mesin kasir, anda akan mendapat fitur laci uang tunai, pencetak struk penjualan, pemindai barcode, tombol NS (no sale), dan laporan penjualan sederhana.

Sedangkan POS menawarkan fitur yang lebih lengkap. Semua fitur pada mesin kasir bisa anda temukan di sini. Ditambah dengan pembaca kartu kredit, timbangan digital, layar sentuh, manajemen staf dan konsumen, laporan penjualan lengkap, pelacak persediaan stok barang, sistem berbasis cloud, dan terintegrasi dengan software akuntansi maupun software lainnya milik perusahaan.

3. Keuntungan

Ada berbagai keuntungan yang ditawarkan dari penggunaan mesin kasir maupun POS. Jika anda menggunakan mesin kasir, kelebihan yang diperoleh antara lain harganya lebih terjangkau, mudah digunakan, dan tidak membutuhkan pembaruan. Dengan keunggulannya ini, mesin kasir cocok digunakan apabila anda membutuhkan sesuatu yang sederhana dan mudah.

Sementara POS menawarkan kemampuan pelaporan yang lebih baik. Sistem ini juga lebih efisien dan akurat dengan layanan yang lebih cepat. Anda bisa menggunakannya untuk mengatur seluruh manajemen toko. Termasuk inventaris, karyawan, konsumen, dan lain sebagainya. Software POS cocok bagi bisnis yang ingin melakukan digitalisasi dengan proses serba otomatis.

4. Kekurangan

Tentunya baik software point of sale maupun mesin kasir memiliki kekurangannya masing masing. Kekurangan POS bila dibandingkan dengan mesin kasir konvensional yaitu nilai investasinya mungkin lebih mahal. Sementara penggunaan mesin kasir cenderung boros kertas untuk mencetak laporan. Programnya juga kurang fleksibel, bahkan beberapa tipe mesin mungkin tidak menyediakan menu yang dibutuhkan.

Itu dia perbedaan antara software POS dengan mesin kasir. Untuk bisnis berskala kecil, mungkin mesin kasir memang sudah cukup. Namun jika anda menginginkan usaha lebih berkembang, tentu anda perlu melakukan digitalisasi. Dan software POS adalah pilihan yang tepat untuk mengelola penjualan bisnis yang disesuaikan dengan kebutuhan usaha.

Informasi lengkap mengenai produk kunjungi : www.soltius.co.id