April 14, 2021

Piala Asia U-16 dan U-19 Resmi Batal

Tidak Jalani Satu pun Uji Coba di Spanyol, Timnas Indonesia U-19 Diklaim Tetap Bertambah Kuat

Galeri sepakbola nasional saat ini, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) secara resmi mengumumkan dibatalkannya PIala Asia U-16 dan U-19. Kebenaran pengunguman ini disampaikan langsung oleh AFC lewat surat yang diberikan kepada para anggota AFC pada Jumat (15/1).

  1. Batal Akibat Pandemi COVID-19

Komite AFC membatalkan kompetisi tidak lain karena akibat pandemi COVID-19 yang tidak mereda sampai saat ini. AFC telah memutuskan akan ada penjadwalan turnamen baru secara keseluruhan, mulai sepak bola wanita dan pantai, serta futsal. Penyelenggaraan kedua turnamen tersebut akan digelar pada tahun 2023 dengan regulasi baru, yaitu Piala Asia U-17 dan Piala Asia U-20. Tuan rumah masih dipegang Bahrain dan Uzbekistan. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menanggapi hal tersebut, mengaku akan menghormati dan patuh terhadap apa yang diputuskan oleh komite AFC.

“Kita hormati keputusan ini. PSSI akan tunduk dan patuh terhadap apapun keputusan dari AFC. Penundaan ini membuat kita punya waktu yang panjang untuk mempersiapkan Tim U-16 dan U-19,” kata Iriawan seperti dilansir di laman resmi PSSI.

Timnas Indonesia U-16 dan U-19 terus mempersiapkan kompetisinya sebelumnya. Timnas Indonesia U-16 dengan latihan virtualnya dan Timnas Indonesia U-19 yang baru pulang dari TC Spanyol.

  1. Perkembangan Timnas U-19

Penyerang liga indonesia asal Ngawi, Irfan Jauhari, mengatakan Timnas Indonesia U-19/U-20 telah menunjukkan progres setelah melakukan pemusatan latihan (TC) di Spanyol. Walaupun hanya menjalankan uji coba internal, skuat Shin Tae-yong terlihat lebih kompak. Timnas Indonesia U-19 harus pulang lebih cepat ke Indonesia. Karena Garuda Muda sulit mendapatkan izin dari Pemerintah Spanyol untuk menggelar laga uji coba. Situasi ini juga dialami Arab Saudi yang juga berada di Spanyol. Akhirnya, Timnas Indonesia U-19 hanya melakukan uji coba internal. PSSI kemudian mengambil keputusan untuk memulangkan Timnas Indonesia U-19 lebih cepat. Tidak sempat uji coba, tetapi Timnas Indonesia U-19 menunjukkan progres. Hal tersebut tidak hanya diungkapkan Shin Tae-yong, tetapi juga dirasakan para pemain.