July 1, 2022

Prosedur Kalibrasi

Kalibrasi adalah kegiatan penetapan nilai kebenaran dan pengecekan serta pengaturan akurasi dari alat ukur dengan standar nasional dan/atau standar internasional. Cara mengetahui nilai kebenarannya adalah membandingkannya dengan standar atau tolak ukur.

Kegiatan ini sangat diperlukan guna memastikan keakuratan pengukuran secara konsisten (tetap) dengan instrumen yang lainnya. Jika hasil pengukuran menunjukkan penyimpangan atau tidak konsisten maka akan berpengaruh terhadap kualitas produk yang dikeluarkan perusahaan dan dapat membahayakan konsumen.

Setiap sistematika pengukuran membutuhkan prosedur yang tepat dalam penanganannya supaya dapat terarah dan bersifat konstan. Kalibrasi Flow Meter LC memiliki prosedur yang diterapkan baik dari segi prinsip dasar maupun persyaratannya diantaranya sebagai berikut.

1. Prinsip Dasar.

Dalam menjalankan prosedur kalibrasi hal yang pertama harus diketahui adalah prinsip-prinsip dasarnya yaitu: 1) Memperhatikan obyek ukur, standar ukur yang mengacu pada standar kalibrasi internasional harus sudah teruji, 2) Memiliki operator atau teknisi yang bersertifikat resmi, dan 3) Lingkungan dengan kondisi baik.

2. Syarat.

Tidak hanya prinsip dasar yang mengacu pada prosedur utama, aktivitas kalibrasi juga memiliki persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:

  • Standar acuan dapat ditelusuri sampai ke standar nasional atau internasional,
  • Metode kalibrasi yang digunakan telah diakui baik dalam skala nasional maupun internasional,
  • Memiliki personil kalibrasi yang terlatih, dengan dibuktikannya sertifikasi dari laboratorium yang sudah terakreditasi,
  • Didukung dengan alat kalibrasi yang sangat baik atau tidak mengalami kerusakan, dan
  • Memiliki ruangan yang terkondisikan sebagai tempat berlangsungnya proses kalibrasi.