July 1, 2022
Toyota Agya

Review Toyota Agya

Toyota Agya bisa dikatakan sebagai salah satu cara Toyota untuk merebut hati konsumen di Indonesia.

Agya diproduksi oleh pabrik Toyota Karawang dan memulai debutnya di Indonesia International Auto Show 2012. Nama “Agya” sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “cepat”. Setahun kemudian, pada September 2013, Agya mulai go public.

Tak hanya di Indonesia, Toyota Filipina juga mulai mengimpor Toyota Agya untuk bersaing dengan Mitsubishi Mirage di negeri gajah putih. Agya dari Filipina go public pada tahun 2014 dan menggunakan nama Wigo.

Agya berusia 8 tahun dan saat ini sudah beredar di pasaran.Agya merupakan bagian dari generasi pertama, namun memiliki dua pembaruan. Perubahan pertama diluncurkan pada April 2017, menyediakan mesin 1.0L 1KR-VE dan 1.2L 3NR-VE dengan teknologi dual VVT-i.

Tampilannya lebih sporty dan mampu bersaing dengan model lain di segmen hatchback low cost green car (LCGC).

Toyota Agya adalah hatchback segmen A kecil yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu Ayla. Jadi Agya diproduksi di pabrik Dafa di Indonesia. Sebagai bagian dari kerjasama Toyota dan Daihatsu, facelift kedua Ayla diluncurkan pada September 2012, dengan dua pilihan mesin, yakni mesin 1.0 liter 3-silinder dan 1.2-liter 4-silinder.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah merilis Toyota Agya yang diperbarui dengan berbagai fungsi baru.

Harga Toyota Agya

Toyota Agya memasuki pasar mobil perkotaan dengan ukurannya yang kompak. Harga Toyota Agya 2021 saat ini mulai Rp 144 juta untuk model entry-level Toyota Ayla 1.0 G M/T (dilengkapi mesin 1.0L), dan Rp 170 juta untuk transmisi otomatis Toyota Agya 1.2L TRD. Dari segi konsumsi bahan bakar, mesin tiga silinder tentu menghadirkan mesin yang lebih irit dibandingkan mesin empat silinder.

Eksterior

Dari segi tampilan, facelift kedua Toyota Agya milik PT TAM ini memberikan beberapa ubahan tampilan untuk menyegarkan tampilannya. Aksen gelap lebih banyak disematkan.

Perubahan baru pada tampilan depan menambah lekukan yang kokoh dan desain lampu depan yang tajam. Ada dekorasi merah baru di bumper depan untuk meningkatkan rasa gerakan. Kesan baru membuat gril terlihat lebih lebar.

Gril baru Agya TRD dihiasi dengan krom hitam, menunjukkan tampilan yang semakin agresif. Sayangnya, teknologi yang digunakan pada lampu depan dan lampu kabut masih halogen.

Beralih ke sisi velg baru langsung menarik tampilan baru Agya. Dimensinya masih sama, yakni velg berukuran 14 inci dengan diameter pitch circle 4 x 100 namun dengan desain yang berbeda. Agya TRD memiliki two tone wheels dan terlihat seperti New Calya.

Sejalan dengan perubahan desain bagian depan, side skirt juga mendapatkan desain baru yang lebih menarik dari sebelum facelift. Kesan samping memberikan lekukan yang lebih tegas dan cermin kesan aerodinamis.

Tipe G dan tipe TRD memiliki fungsi kaca spion yang dapat ditarik. Selain itu, Agya juga dilengkapi dengan keyless entry, namun masih belum mendapatkan fungsi smart entry. Jadi Anda harus menekan tombol di gagang pintu untuk membuka dan menutup kunci pintu.

Namun melihat tampilan belakang New Agya ini, tidak banyak perubahan. Namun, lampu belakang mika menggunakan model transparan, dan lampu remnya menggunakan bohlam LED. Selain itu, terdapat spoiler belakang yang dicat hitam untuk mendapatkan kesan sporty.

Interior

Perubahan internal terus berlanjut. Selain pembaruan pada varian 1.0 E dan 1.0 G, juga terdapat beberapa perubahan pada interior Agya TRD. Mulai dari penambahan fungsi entertainment, host baru dan desain door trim baru.

Host layar sentuh dan sistem audio 2DIN low-key dipasangkan dengan sentuhan warna merah di dasbor, menonjolkan tampilan sporty-nya. Jika versi terendah masih menggunakan kenop AC, Agya TRD akan mendapatkan tampilan modern dengan pengaturan AC digital.

Butuh hiburan saat berkendara? Selain radio AM/FM, Agya juga menyediakan konektivitas Bluetooth untuk menambah pilihan musik. Ini menarik, meski kualitas suara yang dihasilkan terasa sangat biasa, hanya dengan 4 speaker midrange.

Kulitnya belum terlapisi, namun bahan campuran plastik dan poliuretan membuat setir kurang licin saat dipegang. Ukuran Agya cukup kompak. Namun desain dan penataan kursi membuat penumpang merasa sangat lega di bagian belakang.

Belum lagi interior jok baru yang menambah kenyamanan saat berkendara. Sayangnya, seperti model LCGC lainnya, ruang bagasi terasa cukup standar, jika tidak kecil. Mengingat bodinya yang ringkas dan beberapa kabin telah digunakan untuk memberikan ruang kaki yang luas bagi penumpang belakang.

Fitur Keselamatan

Seperti model Toyota lainnya, mereka dilengkapi dengan sistem keselamatan terbaru. Tak terkecuali Toyota Agya. Dari Agya G hingga TRD, Agya dilengkapi dengan teknologi pengereman anti-lock braking system (ABS) dan electronic brake force distribution (EBD).

Meski harganya cukup terjangkau, namun Agya dilengkapi dengan sensor parkir untuk memastikan Anda mengendarai mobil. Untuk keluarga muda, Agya menyediakan kursi ISOFIX untuk kursi anak di kursi baris kedua.

Agar mobilmu lebih aman kembali, kami sarankan untuk membeli asuransi mobil di tempat yang ternama dan sudah terpercaya.

Mesin dan Performa

Daya keluaran maksimal mencapai 86,5 tenaga kuda pada 6.000 rpm, dan torsi maksimum pada 4.200 rpm adalah 108 Nm.

Meski banyak kompetitor yang sudah menggunakan transmisi CVT terbaru, namun Toyota tetap percaya diri memilih transmisi otomatis 4-percepatan atau transmisi manual 5-percepatan.

Performa dan Handling Toyota Agya

Mesin 1.2 liter Agya TRD masih nyaman dikendarai di jalanan kota. Saat melaju dengan kecepatan stabil, getaran mesin saat berkendara lebih stabil dibandingkan mobil lain di segmen ini. Tapi saat tensinya agak kencang, saya mulai merasakan getaran mesin.

Memberikan kenyamanan, dan terdapat sistem power steering di belakang kemudi. Baik gearbox otomatis maupun manual memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Bahkan saat menghadapi jalan menanjak, transmisi otomatis 4-percepatan pun tetap memesona.

Hanya saja kendala terbesar Agya adalah kualitas bahan yang masih standar. Akibatnya, peredam nacelle tidak begitu baik. Mengingat harga yang ditawarkan, pertanyaan ini sepertinya bisa diterima oleh para penggemar Agya.