May 20, 2022
Sejarah FinTech

Sejarah FinTech yang Perlu Anda Tau

Di era yang serba digital seperti saat ini, tentunya sudah banyak sekali StartUp baru yang dibangun, khususnya pada bidang FinTech. FinTech merupakan kependekan dari finansial technology. FINTECH INDONESIA sendiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam jasa keuangan. Lantas, bagaimana sejarah dari FinTech?

Sejarah FinTech

FinTech merupakan suatu istilah yang bisa digunakan untuk menyebutkan suatu inovasi dalam bidang jasa keuangan. Bentuk inovasi ini disebut sebagai inovasi finansial yang diberikan sentuhan teknologi modern. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan diulas bagaimana sejarah FinTech di Indonesia.

  • FinTech 1.0

Pada mulanya, FinTech 1.0 dimulai pada tahun 1866. Pada saat itu, FinTech ini mulai memanfaatkan kabel telegraf transatlantik yang dipasang. Kabel tersebut memungkinkan adanya globalisasi yang dimulai dari tahun 1866 hingga tahun 1913.

Lima tahun berikutnya, tepatnya pada tahun 1918 silam, lahirlah sebuah sistem pengiriman elektronik yang bernama Fedwire. Lalu, pada tahun 1950-an mulailah teerjadi perubahan besar dalam sistem pengiman uang, yakni dengan terciptanya kartu kredit.

  • FinTech 2.0

Perkembangan FinTech pun dilanjutkan dengan terciptanya Anjungan Tunai Mandiri atau yang disebut dengan ATM. Terciptanya mesin ATM ini terjadi pada tahun 1967. Adanya perkembangan FinTech ini selaras dengan perkembangan internet dan e-commerce.

Dikarenakan memang perkembangan dari internet ini cukup pesat, maka di tahun 90-an mulailah bermunculan banyak e-commerce. Selain itu, hadir juga layanan internet banking serta situs penjualan saham online. Namun, di era saat ini hal tersebut sempat dihentikan ketika adanya krisis ekonomi pada tahun 2008.

  • FinTech 3.0

Pada masa krisis ekonomi di tahun 2008 lalu, perkembangan FinTech punmasuk pada tahap berikutnya, yakni FinTech 3.0. Saat itu, sudah banyak sekali orang yang tidak begitu percaya akan dunia perbankan tradisional.

Karena hal inilah maka dijadikan sebuah peluang oleh banyak pihak untuk melahirkan StartUp yang berjalan di bidang jasa keuangan, seperti halnya pembayaran online, pinjaman online, crowdfunding, dan masih banyak lagi lainnya.

Pada tahun 2009 lalu, muncullah bitcoin sebagai bentuk alternatif investasi. Era ini juda di dukung dengan lahirnya smartphone yang memungkinkan para penggunanya untuk bisa menggunakan mobile banking dari awal tahun 2000-an lalu.

Jadi, inilah sejarah dimulainya FinTech hingga FinTech 3.0 saat ini. Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan FinTech, bisa langsung mengaksesnya di Dunia FinTech.