January 27, 2023

Software Desain yang Banyak Digunakan untuk Arsitektur

 

Siapa yang suka main The Sims? Jika Anda sangat menikmati bermain game simulasi ini, maka Anda harus benar-benar memahami betapa serunya membangun rumah. Tetapi jika Anda sudah menjadi mahasiswa teknik arsitektur, atau bahkan seorang arsitek, tentu lain cerita – ini bukan untuk bersenang-senang lagi! Nah, jika kamu ingin lebih serius dari The Sims, kamu bisa mencoba salah satu software desain arsitektur berikut ini.

  1. ArchiCAD

Building Information Modeling (BIM) menciptakan perangkat lunak desain yang efisien ini untuk Apple Macintosh pada 1980-an. Wah, jadul banget, hehe! Namun hingga saat ini, ArchiCAD masih digunakan oleh mahasiswa teknik arsitektur dan arsitek pemula.

Dibuat khusus untuk gambar arsitektur, ArchiCAD memiliki perintah lengkap elemen arsitektur seperti kolom, dinding, balok, atap dan lantai. Di perpustakaannya, ArchiCAD menawarkan berbagai macam komponen arsitektur, desain interior, dan pencahayaan. Apakah Anda ingin membuat gambar 2D atau 3D? bisa!

 

  1. Kepala Arsitek

Software ini mungkin terasa terlalu rumit untuk pemula, tapi fiturnya lengkap banget, kok. Tampilan yang dihasilkan oleh Chief Architect bisa dalam 2D ​​atau 3D, dan Anda dapat menggunakan kemampuan otomatisasinya untuk menyederhanakan proses desain Anda.

 

  1. Buat lubang

Lisensi Punch memang masih tergolong mahal, namun kelebihan yang ditawarkannya sangat bagus. Misalnya, perangkat lunak ini kompatibel dengan Windows, dilengkapi LightWorks, dan didukung oleh NexGen. Oleh karena itu, Anda dapat menyelesaikan desain dalam waktu singkat meskipun ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Dengan latar belakang lanskap, desain Anda akan terlihat lebih alami.

 

  1. Arsitektur AutoCAD

Perangkat lunak desain berbantuan komputer (CAD) terlaris lainnya untuk bidang arsitektur. Seperti, Arsitektur AutoCad adalah meja dan alat menggambar arsitek karena keakuratan gambarnya. Perangkat lunak ini dilengkapi dengan alat dan perpustakaan untuk menggambar lantai, pintu, jendela, atap, dan lainnya dalam 2D ​​dan 3D.

Detail gambar yang dihasilkan membuat AutoCAD Architecture menjadi salah satu software yang wajib dimiliki—tidak hanya di bidang teknik arsitektur, tetapi juga teknik elektro, teknik mesin, teknik sipil, dan bidang lain yang membutuhkan gambar teknik. Ya, ini adalah perangkat lunak untuk sejuta orang!

Software satu ini juga sering digunakan para Jasa Arsitek untuk membangun desain rumah.

 

  1. Arsitektur Vectorworks

Perangkat lunak ini akan kurang menarik bagi pemula, tetapi sangat populer di kalangan profesional karena tingkat kesempurnaan, akurasi, dan detail yang dihasilkannya. Untuk hasil yang memuaskan ini, Arsitektur Vectorworks memang cukup rumit untuk digunakan. Namun, ketika Anda mahir, Anda dapat menggunakan Arsitektur Vectorworks untuk menghasilkan desain arsitektur apa pun dalam waktu singkat.