May 20, 2022

Tanda-Tanda Laptop Anda Mengalami Kerusakan

Tanda-Tanda Laptop Anda Mengalami Kerusakan

Laptop sangat penting untuk bisnis modern, jadi penting untuk membuatnya tetap berjalan pada kinerja puncak. Berikut adalah 10 tanda Anda membutuhkan laptop baru. dunia bisnis pastinya membutuhkan perangkat cerdas untuk mendukung kerja, daftar pilihan laptop bisnis terbaik bisa anda lihat pada artikel kami sebelumnya.

Kipas yang berisik, keamanan yang ketinggalan zaman, masalah dengan multitasking, dan waktu startup dan shutdown yang lama adalah tanda-tanda sudah waktunya untuk komputer baru.

Jika Anda membeli yang baru, perkirakan untuk membayar mulai dari IDR 5000 hingga IDR 7500 tergantung pada seberapa canggih komputer tersebut.

Komputer Apple memiliki reputasi tahan lama.

Artikel ini ditujukan untuk pemilik bisnis dan spesialis TI yang mencoba menentukan apakah akan mengganti Laptop mereka dan berapa banyak yang dapat mereka harapkan untuk membayar laptop baru.

Ketika Laptop mulai melambat atau menunjukkan tanda-tanda lain bahwa kiamat sudah dekat, Anda tergoda untuk mulai mencari penggantinya secara digital. Namun, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memutuskan apakah akan mengupgrade laptop, terutama dalam lingkungan bisnis. Biaya bertambah, terutama saat Anda menambahkan beberapa alat berat ke armada, bahkan yang kecil.

Pertanyaan seperti “berapa lama laptop bertahan?” dan “berapa umur rata-rata laptop?” biasanya menjadi pertimbangan utama ketika Anda mempertimbangkan pro dan kontra dari membeli komputer baru versus mengelola sedikit lebih lama sebelum Anda mengambil risiko finansial.

Berikut adalah jawaban atas pertanyaan umum tentang sistem operasi mana yang terbaik (Mac atau PC), masa pakai desktop dan laptop , dan 10 tanda bahwa mungkin sudah waktunya untuk membeli perangkat keras baru.

Apakah Mac bertahan lebih lama dari PC?

Sering ada perdebatan sengit mengenai apakah Mac atau PC Windows bertahan lebih lama. Jawabannya tergantung pada perangkat keras dan konfigurasinya.

Mac memiliki reputasi tahan lama, dan Apple menawarkan sistem dukungan dan pemeliharaan yang kuat. Microsoft telah mereplikasi model Apple sampai tingkat tertentu dengan lini Surface-nya, dan produsen PC lainnya – terutama yang menjual ke bisnis – telah berupaya menawarkan pengalaman yang komprehensif dan memastikan peningkatan yang mulus seiring bertambahnya usia perangkat keras. Ini dapat meringankan beban dukungan untuk departemen TI Anda dan biaya peningkatan untuk bisnis Anda.

Mac tetap bernilai baik, terutama untuk bisnis, dengan integrasi yang erat antara perangkat keras dan perangkat lunak serta ekosistem dukungan Apple. 

Takeaway utama: Apakah Mac atau PC akan bertahan lebih lama untuk Anda tergantung pada perangkat keras komputer Anda. Meskipun demikian, Apple memiliki reputasi positif dalam menawarkan komputer desktop dan laptop yang bertahan lebih lama.

Berapa lama rata-rata komputer bertahan?

Umur panjang komputer merupakan perhatian utama bagi konsumen. Untuk PC desktop, jawabannya lebih kompleks, karena menawarkan kemampuan yang lebih besar untuk menyesuaikan komponen daripada laptop. Untuk sebagian besar PC desktop, Anda dapat mengharapkan masa pakai minimal tiga tahun.

Namun, kebanyakan komputer bertahan lima sampai delapan tahun, tergantung pada komponen upgrade. Perawatan juga penting , karena debu sangat mengganggu komponen PC. Pemilik harus secara rutin meningkatkan perangkat lunak dan menjaga mesin bebas dari debu dan kotoran yang berlebihan.

Takeaway utama: Komputer desktop umumnya bertahan lima hingga delapan tahun.

Berapa umur rata-rata laptop?

Kekhawatiran yang sama berlaku untuk laptop. Kebanyakan ahli memperkirakan umur laptop menjadi tiga sampai lima tahun. Mungkin bertahan lebih lama dari itu, tetapi utilitasnya akan terbatas karena komponen menjadi kurang mampu menjalankan aplikasi tingkat lanjut.

Metrik kunci apakah sudah waktunya untuk mengganti laptop adalah jika metode penggunaannya masih sesuai dengan daya komputasinya saat ini. Beberapa laptop masih berjalan secara efisien selama lebih dari lima tahun, tetapi jangkauan tugasnya mungkin terbatas.

Takeaway utama: Komputer laptop memiliki umur yang lebih pendek daripada desktop, biasanya tiga hingga lima tahun.

Berapa harga komputer dan laptop baru?

Harga komputer atau laptop baru dapat sangat bervariasi, tergantung pada faktor-faktor ini dan banyak kemungkinan lainnya:

Fitur yang disertakan

Ukuran harddisk

Jenis prosesor

Sistem operasi

Merek

Namun, saat berbelanja komputer desktop atau laptop baru untuk bisnis Anda, Anda dapat mengharapkan untuk melihat beberapa kisaran harga umum.

Laptop: Laptop paling murah memiliki titik harga pembukaan sekitar $300. Namun, mesin ini biasanya memiliki fitur terbatas dan kecepatan lebih rendah. Model top-of-the-line dapat berharga hingga $ 3.000. Namun, ada banyak model laptop yang tersedia dalam kisaran $600 hingga $1.000, yang dapat mendukung fitur yang dibutuhkan karyawan Anda tanpa mengorbankan kecepatan dan fungsi.

Desktop: Komputer desktop umumnya mulai sekitar $400 untuk model dengan sedikit lonceng dan peluit. Komputer desktop kelas atas dapat berharga lebih dari $3.500. Anda dapat menemukan banyak pilihan yang sesuai untuk bisnis Anda mulai dari $600 hingga $1.000.

Jumlah komputer dan laptop yang perlu Anda beli juga dapat memengaruhi harga setiap mesin. Misalnya, Anda mungkin dapat memperoleh diskon massal atau harga khusus bisnis.

Pertimbangkan dalam anggaran Anda bahwa komputer desktop memerlukan aksesori seperti monitor, keyboard, dan mouse untuk berfungsi, menaikkan total biaya Anda jika Anda juga perlu meningkatkan item tersebut.

Takeaway utama: Komputer laptop biasanya berharga mulai dari $300 hingga $3.000, sementara komputer desktop mulai dari $400 dan naik hingga $3.500.

Kapan saatnya untuk meng-upgrade komputer Anda?

Cari tanda-tanda penting ini bahwa sudah waktunya untuk meningkatkan armada komputer perusahaan Anda:

1. Upgrade perangkat keras menyebabkan masalah kompatibilitas.

Biasanya, meningkatkan RAM dan beralih ke solid-state drive adalah salah satu langkah pertama dalam meningkatkan daya komputer. Namun, memutakhirkan motherboard atau CPU adalah tempat Anda dapat mengalami masalah kompatibilitas. Anda mungkin menemukan diri Anda dalam situasi di mana banyak atau semua komponen komputer Anda perlu diganti. Biayanya mungkin terlalu berat, dan mungkin lebih baik membeli perangkat keras komputer baru. Konsultasikan dengan tim TI Anda atau, jika Anda sedang melakukan perbaikan ke layanan pihak ketiga, ajukan banyak pertanyaan tentang perbaikan dan biayanya.

2. Keamanan sudah ketinggalan zaman.

Jika perangkat keras Anda saat ini tidak kompatibel dengan versi sistem operasi yang lebih baru, mungkin sudah waktunya untuk membeli yang baru. Periksa kompatibilitas Windows dan Mac untuk memastikan mesin yang Anda gunakan memenuhi syarat untuk pembaruan.

Bahkan jika mereka kompatibel, ada langkah-langkah keamanan lain yang perlu dipertimbangkan. Apakah komputer perusahaan Anda kompatibel dengan perangkat lunak yang dibutuhkan tim Anda? Apakah karyawan mengambil langkah yang tepat untuk menjaga keamanan, seperti menggunakan kata sandi yang kuat? Mac dan PC yang lebih baru menggunakan keamanan biometrik. Jika peningkatan keamanan sedang dikerjakan, mungkin sudah waktunya untuk membeli mesin baru.

3. Kipas komputer Anda semakin berisik.

Seringkali, masalah pertama yang menandakan komputer yang menua akan segera mati adalah kipas yang bekerja dengan keras bahkan saat tidak melakukan tugas komputasi yang intensif. Jika Anda menjalankan aplikasi atau sistem operasi versi terbaru, program ini dapat memaksimalkan perangkat keras komputer Anda, menyebabkannya berjalan lebih hangat dari biasanya. 

4. Saatnya untuk perangkat keras yang lebih gesit.

Baik desktop maupun laptop semakin kecil. Ada banyak PC di jajaran Windows dan Mac yang tidak memerlukan tim Anda untuk membawa-bawa mesin raksasa. Anda mungkin melihat tenaga kerja yang lebih bahagia dan beberapa peningkatan produktivitas jika orang merasa mereka dapat dengan cepat membuka perangkat mereka, menjalankan beberapa tugas, dan beralih ke item berikutnya.

5. Akan lebih murah untuk mengganti daripada memperbaiki (yaitu, masalah lemon).

Perbaikan biasanya merupakan metode yang lebih hemat biaya daripada membeli perangkat keras baru. Namun, waktu henti dari perbaikan terus-menerus juga berarti kehilangan uang, sehingga pemilik bisnis perlu memikirkan biaya dukungan terus-menerus, serta hilangnya produktivitas, dibandingkan dengan biaya sekadar mengganti mesin lama.

6. Aplikasi membutuhkan waktu lama untuk dimuat.

Aplikasi mungkin membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk dimuat di komputer lama. Jika Anda menjalankan aplikasi versi terbaru, perangkat keras lama mungkin tidak dapat mengikutinya. Periksa kompatibilitas saat menginstal perangkat lunak untuk memastikannya berfungsi dengan komputer Anda. Persyaratan komponen minimum penting untuk diperhatikan, meskipun minimum mungkin tidak memotongnya saat Anda menggunakan perangkat lunak lain di komputer.

7. Anda memiliki perbaikan perangkat keras yang mahal.

Hal-hal yang terjadi: Layar retak; keyboard atau trackpad berhenti bekerja. Beberapa perbaikan sederhana, seperti mendapatkan mouse baru untuk desktop, tidak memakan banyak waktu atau uang. Namun, beberapa perbaikan mungkin mendekati atau melebihi biaya komputer baru, tergantung pada komponen tertentu yang diganti. Jika itu masalahnya, Anda hanya memperpanjang yang tak terhindarkan, dan Anda lebih baik membeli perangkat baru.

8. Anda tidak memiliki sistem operasi versi terbaru.

Jangan mengabaikan dasar-dasar dalam hal pemeliharaan. Perbarui komputer Windows dan Mac secara teratur ke sistem operasi versi terbaru. Masing-masing dilengkapi dengan peningkatan keamanan dan operasional, perbaikan bug, dan penyesuaian lain yang dimaksudkan untuk memberi manfaat bagi seluruh ekosistem.

9. Komputer memiliki masalah multitasking.

Jika komputer Anda mengalami kesulitan menjalankan dua atau lebih aplikasi secara bersamaan, mungkin sudah waktunya untuk mesin baru. Ketika Anda tidak dapat melompat dengan cepat di antara aplikasi yang terbuka, itu adalah sinyal bahwa komputer Anda mencapai akhir. Masalah serupa mungkin muncul saat Anda beralih di antara tab yang terbuka di browser web.

Biasanya, penyebabnya di sini adalah RAM yang tidak mencukupi, terutama jika ada beberapa aplikasi yang menggunakan banyak memori. Jika dulu komputer hanya digunakan untuk menjelajah web tetapi sekarang perlu digunakan untuk mengedit spreadsheet atau tugas pemrograman yang lebih intens – seperti desain web, pengeditan foto, atau pekerjaan grafis – Anda mungkin memerlukan mesin yang lebih tangguh.

10. Startup dan shutdown lambat.

Jika desktop atau notebook Anda membutuhkan waktu yang sangat lama untuk boot atau mati, itu bisa menjadi indikasi bahwa komputer Anda berada pada tahap terakhir. Bisa juga karena terlalu banyak aplikasi yang diatur untuk dimuat secara otomatis dan berjalan di latar belakang sistem operasi setiap kali Anda menyalakan komputer.

Biasanya, jenis masalah ini adalah titik awal untuk mendiagnosis apa yang salah dengan mesin. Perbaikan sederhana mungkin memiliki lebih sedikit program yang dimuat secara otomatis di latar belakang saat Anda memulai komputer.

Untuk perangkat keras, usahakan agar remah-remah atau kotoran lain tidak masuk ke dalam keyboard komputer. Hindari menggunakan bahan kimia atau bahan pembersih lainnya pada trackpad. Selalu ikuti rekomendasi pabrikan untuk membersihkan dan merawat perangkat Anda.

Perhatikan juga masalah sistem lainnya. Di Windows, Manajemen Disk dapat melakukan tugas penyimpanan lanjutan dan mengosongkan ruang disk. Di Mac, Utilitas Disk dapat memperbaiki kesalahan sistem dan mempartisi drive Anda.

Terakhir, perhatikan suhu baterai Anda (jangan biarkan terlalu panas) dan ancaman yang ditimbulkan oleh kelembapan. Komputer Windows dan Mac memiliki alat kinerja baterai yang terpasang di dalam sistem operasi. Anda dapat menyesuaikan preferensi sistem Anda untuk menghemat baterai.

Takeaway utama: Tanda-tanda sudah waktunya untuk upgrade komputer termasuk keamanan yang ketinggalan zaman, kipas yang berisik, waktu pemuatan aplikasi yang lama, dan peningkatan waktu untuk memulai dan mematikan mesin.