October 22, 2021
Tempat Rekreasi di Medan

Tempat Rekreasi di Medan yang Harus Didatangi

Keelokan kota dan alam Medan, Sumatera Utara, pasti tidak disangsikan kembali. Ini kali kita akan jalanan keliling objek rekreasi Medan dan Sumatera Utara. Tempat rekreasi di Medan apa kah? Berikut penjelasannya.

Danau Toba

Tempat rekreasi di medan yang pertama ialah danau toba. Nama Danau vulkanis yang terbesar dan luas di bumi ini telah tiba ke luar negeri. Danau ini tercipta karena letusan gunung berapi yang teramat besar. Letusan itu membuat kawah yang besar dan makin lama akan berisi air.

Danau Toba sebagai salah satunya rekreasi alam unggulan dan paling populer di Sumatera Utara. Danau Toba memiliki air biru jernih, dengan pegunungan hijau di sekitarnya, dan udara yang sejuk. Di tengah-tengah Danau Toba ada sebuah pulau kecil namanya Pulau Samosir, luasnya lebih kurang 647 km persegi.

Untuk nikmati cantiknya danau, anda bisa berkeliling-keliling memakai sepeda yang bisa dicarter. Keliling di sejauh pinggir danau, aktivitas yang benar-benar membahagiakan. Kegiatan yang lain bisa dilaksanakan saat bertandang ke Danau Toba diantaranya ialah olahraga air, berenang, dan sewa boat untuk jelajahi danau. Oh, ya, untuk anda yang ingin tinggal semakin lama di Danau Toba, bisa sewa pemondokan atau hotel yang ada disekitaran objek rekreasi eksotik ini. Alamat : Parapat, Sumatera Utara.

Maha Vihara Adhi Maitreya

Objek rekreasi religius yang bisa anda datangi ketika berlibur ke Medan ialah Maha Vihara Adhi Maitreya. Nama lain dari objek rekreasi ini yakni Vihara Cemara Asri. Ya, beberapa orang mengatakan begitu karena lokasi vihara memang ada di kompleks Perumahan Cemara Asri.

Tiba ke arah tempat beribadah agama budha ini, tak perlu bayar atau cuma-cuma. Namun penting diingat untuk selalu jaga ketenangan. Situasi vihara demikian tenang, nyaman, asri, rapi. Vihara ini ialah yang paling besar di Indonesia dan berdiri di tempat selebar 4,5 hektar.

Dalam vihara ada 3 biji patung suci, yakni Patung Budha, Hakim Bao, dan Dewi Kwan Im. Kegiatan yang bisa dilaksanakan di sini selainnya melaksanakan ibadah untuk umat budha ialah ambil photo, karena lokasinya yang cantik dan menarik sebagai objek.

Alamat : Jalan Cemara Boulevard Utara No. 8.

Istana Maimun

Salah satunya icon Kota Medan dan sebagai bangunan warisan dari Kerajaan Deli ialah Istana Maimun. Bangunan yang warna kuning jelas (warna ciri khas melayu) ini berdiri pas di tengah-tengah kota.

Saat bertandang ke Istana Maimun kita akan temui warisan riwayat Kerajaan Deli, singgasana sultan, beberapa foto sultan, dan koleksi benda monumental yang lain. Ticket masuk Istana Maimun dengan harga Rp 8.000,- per-orang dengan agenda membuka objek rekreasi dimulai dari jam 08.00-17.00.

Alamat : Jalan Brigjen Katamso, Medan.

Pulau Samosir

Pulau Samosir dengan Danau Toba jadi satu dan tidak dipisahkan karena letak pulau yang ada di tengah danau. Daya tarik alam yang alami dari Pulau Samosir jadi daya magnet khusus objek rekreasi alam yang ini. Pulau ini mempunyai tinggi 1000 mtr. di permukaan air laut.

Apa sich yang berada di Pulau Samosir? Di sini kita bisa belajar riwayat Suku Batak, ada juga pakaian, aksesori, s/d kain tradisionil Batak yang dipasarkan untuk pelancong/umum. Lokasi yang harus didatangi ketika liburan di Samosir ialah Tuktuk. Tuktuk sebagai tempat persinggungan di antara dua pulau yakni Sumatera da Samosir.

Jika kita dari Parapat, bisa naik kapal feri untuk meraihnya. Langkah terbaik nikmati pemandangan alam eksotik Samosir dengan jelajahi bukit-bukit hijau sambil memandang panorama danau biru yang jernih. Alamat : Kabupaten Samosir.

Air Terjun Telaga Sibolangit

Untuk anda yang menyenangi rekreasi alam, tempat ini jangan dilewati. Namanya Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit atau Air Terjun Sibolangit. Bila dilalui dari Kota Medan, perlu waktu 2 jam perjalanan.

Sibolangit ialah pegunungan dengan udara yang fresh dan keelokan alam benar-benar eksotik. Air terjunnya ada pada rimba Sibolangit. Sama sesuai namanya, air terjun ini memiliki dua warna yakni putih untuk air hangat dan biru untuk air dingin. Bila anda ada di Sibolangit dan ingin capai lokasi air terjun, bisa tempuh perjalanan sepanjang 3 jam. Oh, ya, jika anda sukai camping, dapat dilaksanakan di sini lho. Membahagiakan, kan?

Alamat : Durin Sirugun, Kec. Sibolangit, Deli Serdang.

Taman Rekreasi Rohani Salib Kasih

Monumen yang berupa salib ini dibuat di atas Dolok Siatas Barita. Arah pembangunan monumen untuk kenang kembali jasa dan dedikasi Dr. Ingwer Ludwig Nommensen yang disebut missionaris dari Jerman Utara. Dia yang bawa tuntunan kristen di Tanah Batak, hingga warga terlepas dari keterbatasan peradaban dan keyakinan animisme.

Di pucuk Dolok ini, Nommensen pernah akan dibunuh oleh masyarakat Batak yang waktu itu melakukan ritus menyembah Simbaon Siatas Barita (arwah alam). Pimpinan ritus minta beberapa penganut untuk membunuh. Tapi Nommensen menampik dan menjelaskan arwah alam ialah arwah setan.

Ticket masuk Salib Kasih sejumlah Rp 2.000,- per-orang. Salib ini tingginya 30 mtr. dan berhias lampu, hingga monumen yang berdiri di Kaki Bukit Siatas Barita itu bisa kelihatan secara jelas dari Kota Tarutung. Apa yang berada di Taman Rekreasi Rohani Salib Kasih? Ada Rumah Doa (untuk memanjatkan doa) yang memiliki ukuran kecil, tempat duduk yang umum digunakan untuk kebaktian memiliki 600 orang, dan sebagainya.

Alamat : Bukit Siatas Barita, Tarutung.

Kota Tarutung

Ibu-kota Kabupaten Tapanuli Utara ini sebagai pusat rekreasi keagamaan di wilayah Sumatera Utara. Kota Tarutung dengan udara dingin dan keelokan alam memesona, memiliki beberapa tempat rekreasi menarik, salah satunya ialah pemandian air soda namanya Aek Rara Tarutung.

Harus dipahami jika pemandian ini cuman ada 2 buah di dunia, yang satu kembali berada di Venezuela. Seterusnya ada Sijaba Huta Ginjang, salah satunya taman rekreasi alam yang berada di Sumatera Utara dan menghadap ke Danau Toba, Taman Rekreasi Rohani Salib Kasih.

Alamat : Kabupaten Tapanuli Utara.

baca juga : Tempat Rekreasi di Prabumulih yang Menarik

Pulau Nias

Tempat rekreasi di medan selanjutnya dalah pulau nias. Pulau ini populer dengan aktivitas lompat batu dan selancarnya. Pulau ini juga mempunyai keelokan alam yang menarik hati. Beberapa pemuda di Pulau Nias bisa secara mudah mengalahkan dinding batu dengan tinggi 2 mtr.. Ini sebagai pertunjukan yang terkenal di Pulau Nias. Dan untuk anda yang ingin melihatnya bisa bertandang ke Dusun Bawomatauo.

Adat lompat batu lahir karena ada rutinitas masyarakat yang menyukai berperang antara dusun. Sedang untuk melihat atraksi tari perang dengan penari berbaju tradisionil, hiasan kepala berbentuk bulu-bulu burung yang memiliki warna ceria dapat disaksikan di dua dusun, yakni Dusun Hilisimae dan Bawatomataluo. Aktivitas yang lain bisa dilaksanakan yakni berseluncur di pantai berombak besar dan melawan.

Pulau Nias lokasinya pada bagian barat Sumatera, persisnya di Samudera Hindia. Selainnya beberapa aktivitas yang telah diulas di atas, kita dapat datangi Museum Pusaka Nias, yang memiliki koleksi beberapa benda budaya warga Nias sekitar 6.500 buah. Rekreasi Pulau Nias juga populer namanya sampai ke luar negeri, sama dengan Danau Toba.

Air Terjun Sipiso-piso

Objek rekreasi alam yang lain populer ialah Air Terjun Sipiso-piso. Magnet dari air terjun ini yakni terletak yang demikian dekat sama Gunung Sipiso-piso, tinggi air terjun s/d 120 mtr..

Selain itu, kita juga bisa melihat pemandangan alam elok Danau Toba dari lokasi air terjun. Jika anda ingin nikmati air terjun dari bawah, anda harus menuruni 1000 anak tangga berkelok terlebih dulu.

Alamat : Dusun Tongging, Kabupaten Karo.

Bukit Lawang

Lokasi rekreasi Bukit Lawang selalu ramai didatangi pelancong. Bila tempuh perjalanan dari Kota Medan, kita akan habiskan waktu sepanjang 3 jam untuk sampai kesini. Tempat rekreasi yang ini benar-benar pas untuk anda yang menyukai menelusuri rimba dan menyaksikan kehidupan satwa liar langsung. B

ukit Lawang sebagai semacam rimba tropis yang berada di pintu masuk Taman Nasional Gunung Leuser. Kegiatan yang lain dapat dilaksanakan keik ada di Bukit Lawang dalah trackking dan rafting.

Alamat : Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat.

Gunung Sibayak

Gunung ini adalah gunung api yang aktif. Keelokan alamnya jadi daya magnet beberapa pelancong. Keelokan Kota Medan akan terlihat terang dari gunung ini. Dan untuk anda yang ingin melihat matahari keluar atau sunset, bisa datangi objek rekreasi ini.

Harus dipahami jika Gunung Sibayak dikenali juga bernama Gunung Raja. Untuk meraihnya, kita bisa ke Brastagi terlebih dulu yang jaraknya 77 km dari Kota Medan dan bisa dilakukan dalam waktu 2 jam. Yang ingin mendaki Gunung Sibayak dikenai ticket dengan harga Rp 4.000,- per-orang.

Alamat : Kecamatan Sei Bingai, Langkat.

Air Terjun Sigura-gura

Air terjun tertinggi di Indonesia dengan suara air yang bisa kedengar sampai jauh dan saluran yang deras. Ketinggiannya capai 250 mtr. dan terletak dekat sama Danau Toba. Mempunyai udara sejuk dan beri kesegaran.

Beberapa aktivitas yang umum dilaksanakan di sini yaitu kemping, rafting, ambil photo dengan background keelokan air terjun, dan lain-lain. Alamat : Kabupaten Toba Samosir.

Graha Santa Maria Annai Velangkanni

Salah satunya objek rekreasi rohani di Medan yang populer. Gereja umat katolik yang memiliki wujud unik, serupa dengan kuil hindu. Gereja ini awalannya dibuat untuk umat katolik tamil yang berada di Kota Medan, tapi makin lama terbuka untuk umum.

Annai Velangkanni (Bunda Velangkanni) dibuat dengan arah sebagai persembahan untuk Bunda Maria yang sempat kelihatan berada di wilayah pesisir Velangkanni, Tamil Nadu, India era ke-17. Selainnya berdoa, di sini beberapa pengunjung yang meluangkan diri untuk ambil gambar. Pojok lain dari tempat rekreasi rohani ini ialah Kapel Maria yang umum digunakan untuk berdoa pada Bunda Maria.

Alamat : Jalan Sakura III No.7-10 Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Bimbinggan.

Taman Alam Lumbini

Objek rekreasi alam dengan udara sejuk ini bisa didatangi tak perlu bayar ticket. Lokasinya di Kaki Gunung Sibayak, memiliki kekhasan berbentuk pagoda tertinggi di Indonesia. Pagodanya sebagai tiruan Pagoda Shwedago Myanmar.

Keunikan ada di stupa budha dengan tinggi capai 46,8 mtr. dengan panjang 69 mtr.. Di tempat ini ada 2.500 patung budha dengan cat warna kuning emas. Keliling lokasi ini akan membahagiakan.
Alamat : Dusun Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Brastagi, Karo.

Taman Rekreasi Iman Dairi

Taman rekreasi ini ialah semacam rekreasi rohani. Semboyan Indonesia yakni Bhinekka Tunggal Ika, walaupun berlainan masih tetap satu, berikut yang meyatukan ketidaksamaan. Bisa dibuktikan karena ada 5 tempat beribadah keagamaan (sama sesuai jumlah agama yang dianggap di Indonesia) pada sebuah tempat namanya Taman Rekreasi Iman di teritori Dairi.

Bila ingin bertandang, dari Kota Medan kita perlu waktu pintas sepanjang 5 jam dalam jarak 154 km. Alamat : Bukit Sitinjo, Kabupaten Dairi.

Huta Siallagan

Saat bertandang ke lokasi rekreasi yang ini, bisa anda tonton panorama berbentuk jejeran rumah bolon dan sopo. Kekhasan berada pada ada batu parsidangan, yakni jejeran bangku batu yang mengintari meja batu. Letak batu ada di tengah-tengah daerah, bawah pohon hariara yang termasuk pohon suci. Batu parsidangan berada di 2 lokasi.

Pertama di bawah pohon, melingkar dan teratur yang rapi yang digunakan sebagai tempat rapat. Kursinya ditujukan untuk raja, permaisuri, tetua tradisi, raja dari huta tetangga, dan orang pandai (pemilik pengetahuan spiritual). Yang ke-2 , batu parsidangan untuk tempat eksekusi. Sebetulnya sama dengan batu parsidangan pertama, tapi ditambah lagi batu besar panjang untuk tiduran beberapa tersangka yang akan dipotong.

Museum TB Silalahi

Tempat rekreasi di Medan seterusnya ada Museum TB Silahi. Jika kita bertandang ke museum ini, kita akan dibawa untuk mengenal budaya batak lebih dekat. Lokasinya dekat Danau Toba, tidaklah aneh jika pemandangan alamnya benar-benar elok.

Museum ini mempunyai 3 lantai, dengan design interior kekinian berbalut ukir-pahatan gorga. Di lantai 2 dan 3, bisa anda tonton pemandangan Danau Toba dan lanscape teritori Balige yang demikian terang.

Alamat : Jalan Pagar Batu 88 Balige, Sumatera Utara.

Cagar Alam Sibolangit

Hiruk pikuk Kota Medan kadang membuat capek. Bila ini terjadi kepada anda, coba untuk liburan ke Cagar Alam Sibolangit yang mempunyai situasi yang asri dan fresh. Untuk sampai lokasi rekreasi bila dari Kota Medan, jaraknya sekitaran 40 km. Naik kendaraan perlu waktu sekitaran 1 jam.

Tempat rekreasi yang ini cukup jadi referensi untuk beberapa pencinta alam. Udara yang sejuk jadi penenang pemikiran sekalian pembasmi capek dari semua jenis kegiatan yang sudah ditempuh. Cagar alam sibolangit menjadi satu diantara contoh tempat rekreasi untuk mengkkampanyekan go green karena makin panasnya bumi karena pemanasan global.

Alamat : Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang.

Hillpark Sibolangit

Nach, untuk anda yang cari lokasi rekreasi yang pas untuk buah kesayangan, hadirlah ke Hillpark Sibolangit. Ini ialah taman bermain dengan bermacam sarana yang memikat. Cocok menjadi tujuan rekreasi keluarga.

Beragam macam permainan yang dapat dicicipi pada tempat ini, dimulai dari roller coster sebagai sisi sarana ekstrim sampai kora-kora dan bianglala sebagai favorite beberapa pengunjung yang pantas untuk di coba. Tidak itu saja, banyak sarana yang lain dapat di cicipi oleh anak-anak dan orang-tua. Hillpark Sibolangit lumayan komplet menjadi tujuan berlibur dengan keluarga.

Alamat : Green Hill City.

Air Terjun Janji

Keelokan alam Danau Toba tidak disangsikan kembali. Tidaklah aneh jika namanya demikian populer sampai luar negeri. Saat berlibur ke Danau Toba, tidak cuman rekreasi ini yang memikat buat didatangi. Namun objek rekreasi di pinggir danau pun tidak kalah cantik, satu diantaranya ialah Air Terjun Janji.

Tempat rekreasi di Medan yang ini menjadi satu diantara lokasi yang cantik untuk didatangi. Panorama yang cantik dan udara yang sejuk cukup jadi argumen kenapa beberapa pengunjung terus akan kembali ke arah tempat ini. Selainnya tempatnya yang ada tidak jauh dari danau toba, Air terjun janjipun tidak sepi pengunjung.

Alamat : Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Sipinsur

Objek rekreasi yang populer di Kabupaten Humbang, satu diantaranya ialah Sipinsur. Berdiri di atas tempat selebar 2 hektar dengan tinggi sekitaran 1.213 mtr. di permukaan air laut, memiliki panorama yang cantik.

Satu diantaranya ialah pemandangan Danau Toba dan Pulau Samosir. Di bawah lokasi Sipinsur terlihat Pulau Sibandang dan Kota Muara. Beberapa pengunjung akan menyaksikan keelokan alam dimulai dari laut, bukit dan pegunungan di saat bertepatan karena bisa dipandang dari ketinggian. Hal inilah yang membuat rekreasi sipinsur jadi rekreasi favorite keluarga untuk di datangi. Tidak itu saja, rekreasi ini lebih banyak jadi tempat untuk photografi untuk beberapa photographer handal.

Danau Lau Kawar

Banyak gunung api yang statusnya masih aktif di nusantara ini, ada sekitaran 100 buah. Salah satunya gunung api yang sempat meledak dan menelan korban jiwa ialah Gunung Sinabung. Namun dibalik itu semua, dekat Gunung Api Sinabung ada sebuah danau yang daya tarik alamnya demikian menarik namanya Danau Lau Kawar.

Danau yang mempunyai keelokan alam yang berdasar belakang pegunungan dengan pohon-pohonan teduh ini jadi daftar pariwisata yang harus didatangi. Pas ini kerap kali dipakai untuk kemping, benar-benar pas untuk berlibur keluarga atau camping bersama rekan-rekan.

Alamat : Dusun Kuta Gugung, Kecamatan Simpang empat, Karo.

Menara Padang Tele Samosir

Untuk nikmati cantiknya Danau Toba dan Pulau Samosir memanglah bisa dilaksanakan dari beragam lokasi. Satu diantaranya ialah dari Menara Padang Tele Samosir.

Tempat ini jadi tempat paling cocok untuk menyaksikan semua keelokan pulau samosir. Lokasinya yang ada di ketinggian ditambahkan lagi menara yang bertingkat-tingkat ini membuat siapa yang menyaksikan keelokan pulau samosir dari tempat ini akan terpesona. Khususnya di saat matahari tenggelam, akan menambahkan view yang mengagumkan baiknya. Keelokan danau toba dan pulau samosir akan tergambarkan dari menara padang tele samosir ini.

Pantai Pandan

Rekreasi Pantai Pandan mempunyai ombak yang biru bergulung dengan bentangan pasir halus. Rekreasi pantai menjadi satu diantara lokasi rekreasi favorite untuk seluruh orang. Indonesia yang disebut negara kepulauan, tidaklah aneh jika punyai banyak pantai yang cantik dan memikat buat didatangi. Satu diantaranya ialah Pantai Pandan ini.

View yang cukup cantik membuar beberapa pengunjung akan kerasan beralama-lama dan balik lagi untuk nikmati keelokan laut yang cukup memesona. Tentunya pantai ini akan bagus sekali untuk di jarikan surfing beberapa peselancar.

Pemandian Air Panas Lau Sidebuk
Pemandian air panas ini sebagai pemandian yang memiliki kandungan belerang dan memiliki kolam. Dipercayai bisa mengobati bermacam jenis sakit kulit. Pemandian Air Panas Lau Sidebuk berada di Dusun Douluh, 3 menit dari Penatapan.

Tempat rekreasi di Medan yang ini cukup populer, banyak beberapa pengunjung yang berkali-kali tiba ke arah tempat ini bahkan juga untuk lakukan terapi merendam di kolam air belerang. Tidak itu saja, tempat ini menyajikan makanan ciri khas medan yang cukup mengunggah hasrat.

Gundaling

Bukit Gundaling mempunyai keelokan alam yang tidak kalah memesona dengan Bukit Lawang dan Gunung Sibayak. Ini terhitung dalam objek rekreasi alam di tepian Brastagi. Salah satunya aktivitas favorite yang bisa dilaksanakan saat liburan kesini ialah melihat langsung cantiknya matahari keluar dan terbenam.

Untuk capai Gundaling, bisa memakai kendaraan umum atau individu. Jarak yang dilalui dari Kota Medan ke objek rekreasi ini sekitaran 60 km. Bukit Gundaling ini tidak cuman ramai oleh pelancong lokal, lho. Tapi juga banyak didatangi pelancong asing.

baca juga : 10 Tempat Instagramable di Jakarta Timur yang Hits

Air Terjun Sikulikap

Untuk capai lokasi Air Terjun Sikulikap, kita harus tempuh perjalanan dari gapura Air Terjun Sikulikap di samping kiri jalan dekat Gerbang Selamat Tiba di Kabupaten Karo. Turun melalui anak tangga tidak jauh dari gapura itu, perlu waktu sekitaran 20 menit.

Sesudah melalui rimba, baru sampai di Air Terjun Sikulikap. Air terjun dengan ketinggian 30 mtr. ini banyak memiliki tebing di sekeilingnya. Banyak yang memakai beberapa tebing itu untuk olahraga panjat tebing.

Warung Jagung Bakar Penatapan

Penatapan dengan bahasa Karo memiliki arti tempat tinggal, lokasi warung ini jaraknya 8 km dari pusat Kota Brastagi. Sebagai kekhasan dan ciri-ciri tempat ini ialah ada berderet warung jagung bakar yang membuka sepanjang 24 jam penuh.

Jika anda tengah untung, di sini akan anda saksikan semacam hewan kera yang diberi nama gibbon asyik jalan ke sana-kemari. Karena lokasinya yang dekat sama pohon-pohonan dan gunung-gunung jadi tidak bingung jika menyaksikan hewan ini, tetapi yang penting dicurigai waspada dengan kera yang dikenali bintanag gesit ditambah yang hidup di alam bebas.

Danau Linting

Di Sumatera Utara rupanya tidak cuman objek rekreasi Danau Toba yang mempunyai keelokan alam yang eksotik. Berubah sedikit dari lokasi Danau Toba, kita akan temui sebuah danau dengan warna hijau kebiruan dan alam sekitaran yang asri sejuk namanya Danau Linting.

Untuk anda yang ingin rileksasi sekalian santai menganakemaskan mata, benar-benar pas pilih tujuan rekreasi ini. Keelokan alam di Danau Linting cukup berlainan dengan danau yang lain, karena air yang sedikit warna hijau toska ini lumayan menarik perhatian beberapa pengunjung.

baca juga : liburan pantai murah ke pulau macan jakarta

Kebun Raya Tongkoh

Anda yang menyenangi seni berkebun sayur, buah, bahkan juga tanaman hias, pas berkunjung tempat rekreasi yang ini. Namanya Kebun Raya Tongkoh. Sesuai namanya, objek rekreasi ini berada di Dusun Tongkoh.

Sejauh perjalanan di kiri dan kanan Dusun Tongkoh ini lebih banyak ada kebun masyarakat, salah satunya kebun strobery, markisa Brastagi, dan jeruk Brastagi yang bisa diambil sendiri. Pemandangan alam Brastagi semakin memesona dengan background Gunung Sinabung dan berbagai warna dari tanaman hias yang penuhi Dusun Tongkoh.

Muara Tapanuli Utara

Salah satunya kota kecil dekat Danau Toba namanya Muara. Ini ialah satu kecamatan di Tapanuli Utara. Cantiknya Danau Toba bisa terlihat terang disini. Berlainan dengan kota atau wilayah yang lain digunakan untuk menyaksikan keelokan Toba.

Dari Muara kita dapat nikmati cantiknya Danau Toba melalui beragam pojok. Diantaranya pinggir pantai dengan perahu kecil, atas bukit, bahkan juga sedikit naik melalui jalan raya, Danau Toba juga sudah pancarkan keelokan.

Dusun Lingga

Dusun ini terletak di Kecamatan Simpang Empat, dari Kota Brastagi sekitaran 15 km. Selainnya ada Museum Lingga yang mempunyai bermacam jenis koleksi Kerajaan Karo masa lampau, ada juga beberapa rumah monumental yang umurnya telah lebih dari 250 tahun. Cikal akan daerah Karo, kabarnya datang dari wilayah ini.

Dusun yang cukup unik ini menjadi satu diantara tempat rekreasi untuk menyaksikan rumah tradisi yang dari dulu jadi adat zaman leluhur. Tempat rekreasi di medan ini jadi daftar yang wajib buat di datangi saat liburan.

Pemandian Air Soda Dusun Parbubu Tarutung

Pemandian air soda ini adalah rekreasi alam yang penting dicoba. Selainnya keelokannya, kita pantas senang karena pemandian yang ini cuman ada 2 biji di penjuru dunia, dan satu diantaranya ialah Indonesia.

Didampingi keelokan alam disekitaran kolam jadikan tempat ini cukup banyak memiliki pecinta, ditambah merendam air soda cukup jarang-jarang ada di sejumlah tempat di Indonesia. Oleh karena itu, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung ditambah saat hari liburan.

Bukit Tim

Setelah melalui Dusun Tongkoh, kita akan melalui sebuah bukit namanya Bukit Tim. Jejeran pohon pinus lebat dengan rumput-rumputan terhampar, membuat lokasi ini pas untuk rekreasi keluarga.

Beberapa aktivitas yang bisa dilaksanakan saat berekreasi di Bukit Tim diantaranya ialah main layang-layang, naik ATV dan kuda, melihat rumah pelabuhan Presiden Soekarno saat zaman Belanda.

Funland Mickey Holiday

Seperti Dufan yang berada di Jakarta, Brastagi memiliki Funland Mickey Holiday. Ada bermacam sarana permainan bagus yang bisa kita coba, minimal sejumlah 34 buah.

Salah satunya ialah shoot games, rafling, paint ball, dan outbond, dan sebagainya. Kita dapat bermain sampai senang di semua sarana sesudah beli ticket all in one.

Tidak cuman sarana permainan, di sini dapat nikmati rekreasi yang lain seperti taman bermain dan sarana air yang membahagiakan. Beragam jenis restaurantpun ada di tempat rekreasi ini.