January 27, 2023

Tenaga Kerja Bongkar Muat Pelabuhan Belawan Dapat Akses Kesehatan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan mengutamakan Tenaga Kerja Perusahaan Bongkar Muat  di Belawan agar mendapatkan akses kesehatan dan keselamatan di masa pandemi covid-19, karena telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

Hal itu disampaikan ketika Erick Thohir melakukan kunjungan ke Pelabuhan Belawan. Selain bertemu dengan para pasien, nakes, dan kru yang sedang melakukan isolasi di kapal isolasi terapung Kapal Motor (KM) Pelni, KM Bukit Raya, dia juga berbincang-bincang dengan para Tenaga Kerja Bongkar Muat yang bertugas di Pelabuhan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), karena mereka tetap melaksanakan tugasnya di masa-masa pandemi dengan sigap dan semangat. Menjaga kebutuhan logistik masyarakat Sumatera, khususnya Medan,” kata Erick dikutip dari Instagram pribadinya @erickthohir, Minggu (22/8).

 

Dia menjelaskan, selain para TKBM mendapatkan upah yang layak, mereka juga perlu mendapatkan jaminan kesehatan dan keselamatan bekerja di masa pandemi ini. “Selain upah yang layak, saya harap kesehatan dan keselamatan para TKBM harus diutamakan, seperti pemberian vaksin serta kepemilikan BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan,” ujarnya.

Untuk merealisasikan hal tersebut, pihaknya akan mengkolaborasikan Pelindo dengan mitra yang menyediakan jaminan BPJS untuk para TKBM.

“Saya akan memastikan Pelindo berkolaborasi dengan mitra yang menyediakan jaminan BPJS menjaga keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Semoga kita semua selalu diberi lindungan Allah SWT, dan semoga Indonesia dapat segera melalui pandemi ini,” pungkasnya.