December 7, 2021
paten

Tips mengelola asset Paten dengan baik

Tips mengelola asset Paten dengan baik

Tapi paten tidak murah. Sebagian besar bisnis tidak mampu mematenkan (atau mencoba mematenkan) semua kemajuan teknologi mereka. Jadi, bagaimana bisnis dapat mengelola teknologi dan strategi paten mereka dengan paling efektif sehingga mereka menerima perlindungan yang mereka butuhkan saat mereka membutuhkannya?

Bahkan untuk mengurus paten ini tidaklah mudah, kecuali anda memutuskan menggunakan Konsultan seperti patenku.id untuk mengurusa pendaftaran merek maupun paten.

Berikut adalah lima tip untuk mengelola aset paten Anda.

  1. Prioritaskan paten

Kedengarannya sederhana, tetapi jika Anda ingin bisnis Anda memaksimalkan aset paten, Anda perlu menjadikan paten teknologi Anda sebagai prioritas. Ini berarti lebih dari sekadar mematenkan kemajuan teknologi yang dianggap berharga oleh perusahaan Anda.

Hal ini memungkinkan terlalu banyak aset untuk lolos tanpa perlindungan dan berisiko pengungkapan yang tidak sah di sepanjang jalan – membatalkan beberapa paten potensial.

Memaksimalkan aset paten memerlukan komitmen seluruh perusahaan untuk melindungi aset intelektual. Ini berarti mendidik karyawan tentang kemajuan seperti apa yang dapat dipatenkan. Sayangnya, banyak insinyur, pengembang, dan personel penelitian dan pengembangan meremehkan kemajuan teknologi mereka, tetapi mengidentifikasi semua penemuan yang mungkin berarti teknologi yang lebih dapat dieksploitasi bagi perusahaan.

Memaksimalkan aset paten juga berarti mendidik manajemen Anda tentang biaya yang terkait dengan teknologi paten. Perolehan paten tidaklah murah, meskipun ada sistem seperti Patent Cooperation Treaty  (PCT) yang menawarkan cara efektif dari segi biaya untuk melindungi paten secara internasional. Biaya paten perlu dilihat sebagai investasi di perusahaan dan bukan biaya yang harus dipotong. Dan, mungkin yang paling penting, memprioritaskan paten berarti menegakkan paten yang Anda peroleh terhadap pelanggar. Tindakan pelanggaran paten sangat mahal. Tetapi tanpa penegakan (atau ancaman penegakan yang kredibel), paten tidak sebanding dengan kertas yang dicetaknya.

  1. Identifikasi sejak dini

Salah satu tip terpenting untuk mengelola paten dan aset paten potensial Anda adalah memiliki proses untuk mengidentifikasi kemajuan teknologi utama di awal proses pengembangan.

Mengetahui teknologi apa yang sedang dikembangkan dan mengevaluasinya dengan cermat dengan memperhatikan pasar akan memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan aset yang diperlukan untuk melindungi kemajuan utama.

Evaluasi ini tidak boleh terbatas pada personel penelitian dan pengembangan saja. Idealnya, untuk pengembalian maksimum, personel pemasaran, penjualan dan manajemen utama, semua harus terlibat dalam evaluasi ini bersama dengan personel penelitian dan pengembangan dan pengacara paten yang berkualifikasi. Sementara evaluasi ini sangat penting, itu juga harus cepat. Penelitian dan pengembangan sering kali bergerak dengan kecepatan yang hingar bingar. Evaluasi tidak boleh memperlambat proses ini, tetapi harus diintegrasikan dengan cara yang memungkinkan identifikasi dan evaluasi yang mulus.

Dan mungkin yang paling penting, identifikasi awal teknologi kunci dapat membantu mencegah pengungkapan yang tidak sah. Ketika teknologi diekspos ke publik (baik melalui penggunaan, publikasi, penjualan, atau penawaran untuk dijual), kemampuan untuk mematenkannya hilang.

Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada menghabiskan banyak uang untuk mengembangkan teknologi yang penting dan inovatif, hanya untuk menemukan bahwa itu tidak dapat dipatenkan karena selebaran pemasaran dikirim ke pelanggan utama selama pengembangan atau karena demonstrasi pameran dagang teknologi tersebut.

Kedua tindakan ini pada dasarnya akan menghancurkan kebaruan teknologi, yang merupakan persyaratan inti untuk mendapatkan paten. Mengidentifikasi teknologi kunci pada tahap awal dapat membantu perusahaan memastikan bahwa sejak dini,

  1. Eksploitasi

Penelitian dan pengembangan tidak selalu menghasilkan teknologi yang berharga, itulah sebabnya ketika kemajuan teknologi dibuat, penting bagi bisnis untuk mengekstrak setiap kemungkinan pengembalian uang darinya. Ini membutuhkan identifikasi dan pemanfaatan semua kemungkinan iterasi dari teknologi yang dipermasalahkan.

Proses ini idealnya harus mencakup personel lintas disiplin yang sama seperti di atas, dengan pengacara paten yang berkualifikasi, untuk memastikan bahwa kemungkinan modifikasi dipahami dan dicakup dengan tepat oleh aplikasi paten tambahan.

Beberapa paten dan aplikasi paten harus diajukan untuk setiap cara agar teknologi tertentu dapat dipraktikkan, untuk memastikan bahwa pesaing tidak dapat memodifikasi teknologi Anda dengan mudah dan bahwa penggunaan eksklusif Anda atas teknologi itu berlangsung selama mungkin.

  1. Mendorong pengembangan

Jelas, salah satu kunci strategi paten yang sukses adalah suksesi yang stabil dari kemajuan teknologi baru dan berharga. Selain personel penelitian dan pengembangan yang sangat baik dan evaluator yang mampu mengidentifikasi teknologi yang dapat dimanfaatkan, juga memerlukan program insentif yang efektif untuk memberi penghargaan kepada mereka yang terlibat dalam proses tersebut.

Meskipun bisnis harus memastikan bahwa setiap dan semua perkembangan yang dilakukan oleh personelnya dimiliki secara eksklusif oleh bisnis, ini tidak berarti bahwa karyawan yang cerdas dan inovatif tidak boleh menerima penghargaan yang memadai atas pencapaian mereka.

Bahkan kami berniat untuk mematenkan salah satu nama bisnis yang digunakan untuk menjalankan bisnis Digital Agency, yaitu salman.agency kami tidak tahu apakah bisnis digital ini bisa di patenkan atau tidak.

Bisnis harus memiliki program insentif yang mendorong semua karyawan (bukan hanya mereka yang ditugaskan untuk mengembangkan teknologi baru) untuk berinovasi atas nama perusahaan. Dan di mana inovasi itu menguntungkan bisnis, mereka yang terlibat harus berbagi keuntungan.

jago

Anda akan belajar banyak hal melalui postingan kami ini. Jika ingin belajar lebih banyak, silahkan kunjungi https://medium.com/@seoelite

View all posts by jago →