December 4, 2022

Water Heater Service, Cek Masalah dan Solusinya

 

Di zaman yang seperti sekarang sudah banyak sesuatu yang instan, bukan hanya makanan dan minuman saja tetapi alat canggih seperti alat penghangat air mandi. Pasti sebagian dari kita dulu untuk memanaskan air perlu dimasak terlebih dahulu dan menunggu lama agar  air tersebut panas, kini kita tak perlu melakukan itu karena sudah ada alat untuk memanaskan air yaitu water heater. Namun, pasti alat yang digunakan akan mengalami kerusakan yang harus diperbaiki.

Kenali Permasalahan Water Heater dan Cek Tandanya

Nah untuk mengetahui tentang kerusakan water heater yang tidak berfungsi dengan baik cek hal-hal berikut :

1. Mengatasi water heater gas tidak ada cipratan api atau tidak menyala

  • Baterai yang ada di dalam water heater kondisinya sudah rusak atau habis, biasanya terdapat 2 buah baterai dan masing masing berukuran 1,5 V dan cek jika benar kondisinya telah habis jangan menunggu lama untuk melakukan penggantian
  • Cek deskan (suplay tekanan air)  barangkali pompa untuk mendorong sudah lemah
  • Jika baterai sudah diganti dan desakan sudah benar tetapi tidak mengeluarkan cipratan berarti pulse igniter mati

2. Water heater gas cipratan api ada tetapi tidak menyala

  • Cek tabung gas barangkali telah habis
  • Cek regulator gas mungkin saja ada masalah di bagian ini
  • Setelah pengecekan dan gas penuh, regulator benar kita periksa di perangkat water heater yaitu bagian selenoid valve untuk mengeceknya hanya perlu dengan pendengaran apakah berbunyi “ctek” setelah adanya api, jika tak berbunyi maka magnetik selenoid valve sudah lemah, untuk memperbaikinya cobalah untuk digetok dengan palu jika masih tak berfungsi ganti dengan yang baru

3. Water heater menyala  lalu mati lagi

  • Cek thermostat untuk meyakinkan lepas kabel di kedua kaki lalu sambungkan langsung apakah api berjalan normal, jika iya berarti thermostat sudah mati
  • Jika cara pertama sudah dilakukan dan apinya masih sama hidup mati bisa jadi SCR yang didalam kontroler pulse igniter rusak dan solusinya ganti yang baru

4. Memperbaiki water heater listrik bersuara bising

  • setel saklar daya pemanas air ke off dan saklar daya utama rumah
  • tutup katup air dikamar mandi agar tidak banjir
  • keringkan air (pastikan dahulu sudah tidak panas) ke dalam ember
  • matikan pemanas air selama beberapa jam dan isi kembali setelah membuka katup air dan kran kemudian nyalakan kembali

Solusi Permasalahan Water Heater

1. Memperbaiki water heater listrik tidak panas

Cek kran yang tersambung pemanas air listrik ke pipa benar terbuka atau mungkin katup pengamannya tekunci terjadi ketika pemanas air listrik sudah lama tidak digunakan. Untuk melepaskan katup harus melakukan yang ada pada buku panduan, namun setelah mematikan listrik dan menutup katup air dikamar mandi.

2. Memperbaiki water heater listrik bocor

 Jika bagian bawah bocor masalah nya adalah resistensi tidak berjalan dengan benar. Jika masalah tersebut masih berlanjut disarankan untuk memanggil teknisi untuk mengganti resistensi.

3. Memperbaiki water heater solar atau tenaga surya

  • Cek masalahnya, harus mengetahui kebocoran yang terjadi.
  • Matikan air, sebelum memperbaiki usahakan aliran airnya telah dimatikan agar sistem pemanas kering. Lalu copot pemanas air dan lepas satu persatu pipa yang menempel pada tiap sisinya. Jangan lupa untuk melepas bagian pslexiglas agar mendapatkan akses ke bagian dalam pipa. Dan pastikan pipa sudah benar kering.
  • Memperbaiki pipa yang bocor, jika pipa terbuat dari bahan sejenis logam atau tembaga maka cara memperbaikinya sangat mudah. Hanya perlu menambalnya ke lubang yang bocor, tapi adapun perbaikan rumit yaitu perlu melakukan pemotongan dan mengganti pipa yang bocor.
  • Jika pipa terbuat dari PVC, pasti mengalami bocor dibagian siku akibat korosi. Masalah tersebut dapat dilakukan dengan pemotongan pipa yang bocor.
  • Mengecat pipa yang baru

4. Masalah dan cara sevice Aircon water heater

Pemanas air jenis ini terhubung dengan AC, maka jika terjadi kendala pada pemanas air mungkin saja terjadi sesuatu pada AC tersebut

5. Masalah dan service Heat Pump water heater

  • Masalah yang terjadi heat pump tidak hidup, terjadi karena tidak ada listrik, sekering putus,kabel longgar atau kompresor rusak.
  • Bisa jadi masalah lainnya yaitu kipas dan kumparan tidak bekerja dengan sempurna, karena aliran udara kurang tepat atau pengaturan parameter  defrost nya tidak pas.
  • Jika kondisioner bekerja tetapi kurang panas, bisa terjadi karena kondensor yang kotor, sirkulasi udara kurang lancar atau kekurangan refrigerant. Untuk men servicenya dengan cara membersihkan kondensor.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengecek water heater. Jika langkah pertama tersebut belum dapat mengatasi masalah water heater Anda, Anda dapat memanggil petugas service untuk memeriksa water heater secara menyeluruh.

Jika Anda ingin memasang water heater di rumah, Anda dapat menggunakan produk Handal Water Heater dan pilih produk atau tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda.