July 26, 2021

Wisata Bali dengan Anggaran terbatas

Beberapa tips tentang cara meminimalkan pengeluaran Anda sambil menikmati indahnya wisata Bali.

Merencanakan wisata Bali dengan bujet yang kecil bisa menjadi tantangan, apalagi untuk tujuan liburan terkenal seperti pulau Bali dimana pengunjungnya sangat banyak dan hampir tidak memiliki batasan ketika membicarakan tentang berapa banyak anggaran yang ingin Anda keluarkan untuk hotel mewah, biaya tidak terencana dan makanan mahal. Meski begitu, bukan berarti dengan budget terbatas pengunjung tidak bisa menikmati wisata Bali dengan segala hal yang ditawarkan. Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana untuk bisa menikmati pulau Bali yang menakjubkan dengan anggaran kecil.

1. Makan Seperti Warga Lokal

Tentu saja klub malam, restoran bertaraf internasional dan hotel mewah sangat menggoda, tetapi jika Anda ingin dan perlu meminimalkan pengeluaran Anda, Anda harus mencoba makanan lokal. Pergi ke ‘warung nasi’, pasar tradisional dan toko-toko makanan kecil untuk mencicipi makanan Bali yang lezat dengan harga yang murah dibandingkan dengan biaya yang harus Anda keluarkan di restoran. Makanan Bali tidak hanya murah tetapi sebagian besar pedagang menjaga standar kebersihan yang baik karena mereka juga ingin menjaga reputasi dan pelanggan mereka. Ini adalah cara Anda dapat berinteraksi dengan masyarakat lokal juga.

2. Belajar Untuk Menawar

Tawar menawar sudah seperti budaya di Bali dan sebagian besar masyarakat Asia, artinya harga pertama yang ditawarkan adalah harga yang bisa dinegosiasikan. Anda bisa melakukan tawar menawar untuk beberapa harga yang ditawarkan seperti pakaian, tarif mobil atau sepeda motor, biaya supir dan lain-lain. Namun bagi toko-toko yang memiliki label harga seperti minimarket atau toko 24 jam, tidak akan memalukan jika hanya menanyakan ketersediaan diskon. Tetap tenang dan ramah, itu adalah hal yang paling penting. Bersikap lebih ramah, bercanda, tertawa dan tetap tersenyum, akan memberi Anda kesempatan lebih baik untuk mendapatkan harga yang lebih baik daripada jika Anda terlalu agresif.

3. Temukan Supir Freelance

Pulau Bali memiliki banyak sekali wisatawan yang memilihnya sebagai tujuan liburan mereka, sehingga banyak orang Bali yang menjadikan bidang wisata Bali sebagai mata pencaharian utama mereka. Oleh karena itu, Anda akan menemukan banyak penduduk lokal yang menawarkan sewa mobil Bali (Bali car rental) dan jasa pemandu lepas di hampir semua tempat wisata Bali. Jangan takut untuk menggunakan layanan mereka. Seperti orang Bali pada umumnya, mereka kebanyakan ramah, profesional dan selalu menjaga kejujuran dalam melayani wisatawan. Bicaralah dengan mereka dan lakukan negosiasi sampai Anda mendapatkan penawaran yang lebih baik dan pilih salah satu dari mereka. Anda mungkin akan menemukan bahwa pengemudi akan dengan senang hati untuk menjelaskan beberapa tujuan wisata baru, menggambarkan budaya masyarakat Bali yang unik, membantu Anda dalam menemukan sesuatu yang Anda butuhkan dan bahkan membantu Anda dalam tawar-menawar jika Anda ingin membeli sesuatu.

4. Hilangkan Semua Keinginan Yang Memberatkan Anggaran Wisata Bali Anda

Pusat wisata Bali memiliki banyak hal untuk ditawarkan dan kemungkinan Anda bisa mendapatkan beberapa penawaran bagus meskipun di tengah hiruk pikuk tempat wisata di Bali, tetapi jika Anda benar-benar ingin mendapatkan yang paling layak untuk pengeluaran Anda, ada baiknya untuk menghindari tempat yang umumnya menjadi konsumsi umum para wisatawan seperti hotel dan pub mewah, sehingga semakin mudah untuk menemukan penginapan yang lebih murah dan makanan yang terjangkau. Sebagai tambahan, Anda akan dapat menikmati lebih banyak tentang pulau Bali yang menakjubkan serta budayanya yang unik daripada menikmati keramaian klub malam.